Minggu, 15 Februari 2015

Cara Merepresentasikan Indonesia di Mata Dunia

Ditulis oleh kontributor JU: Ratna Hartiningtyas

Hands up!

Judul di atas adalah pertanyaan paling sulit yang pernah saya berikan waktu dulu pernah menjadi assesor dalam seleksi exchange di AIESEC dan (untungnya) tidak pernah ditanyakan oleh assesor/penyeleksi saya sewaktu berangkat exchange lewat International Office Undip. Hahaha.

Membawa nama negara adalah bawaan yang sangat berat di pundak kita. Hanya yang terbaik yang ingin kita berikan di mata dunia. Jadi, tentu saja kita harus baik terlebih dahulu. Bukan berarti saya mengatakan saya sudah baik, tapi, saya benar-benar telah mengusahakan yang terbaik.



Biasanya, pertanyaan yang akan muncul tentang negara Indonesia adalah seputar pariwisata, agama, budaya, sistem pemerintahan. Selanjutnya mengenai pribadi kita sebagai bangsa, akan dinilai dari rata-rata ornag Indonesia yang ada di negara tersebut. Nah, maka dari itu, persiapkan dirimu untuk kembali bergaul dengan orang-orang Indonesia yang sudah lama tinggal di negeri orang! Hoho!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar