Minggu, 15 Februari 2015

Mahasiswa Seperti Apa Sih yang Diterima untuk Pergi Exchange?

Pertanyaan ini hampir selalu muncul dalam seminar-seminar yang dihadiri oleh  Jendela Undip. Sangat menggelitik! Karena sebenarnya tidak ada aturan baku yang dikeluarkan oleh para penyeleksi. Pertimbangan dilakukan dengan sebijak mungkin berdasarkan pertimbangan penyeleksi. Dulu, proses seleksi untuk exchange ini dilakukan oleh International Office UNDIP, namun, sekarang sudah berpindah otoritasnya ke PR 3 dan International Office.

Jelasnya, yang dikirim adalah yang terbaik dari yang sudah mendaftar. Persyaratan yang sudah ditetapkan di awal hanyalah gerbang menuju seleksi berikutnya. Setelah berkas dipilih dan diumumkan di situs IO pun, tidak ada kepastian 100%.

Mie Korea, Mie Thailand, Indomie

Kami, Jendela Undip, melakukan penyelidikan dengan mewawancarai banyak peserta yang lolos. Secara umum, yang diperlukan adalah kemampuan berbahasa Inggris yang mumpuni (tidak harus sempurna), dan visi yang jelas. Sekalipun itu adalah visi untuk bertemu dengan Suju (bagi yang ingin exchange ke Korea), jika memang caranya baik dan membawa manfaat untuk Undip dan negara tujuan, kenapa tidak?

Apa hubungannya?

Misal kita menyukai Korea karena Suju, kita harus bisa membuktikan bahwa kita memang benar-benar punya passion terhadap mereka. Jika diberangkatkan ke sana, berjanjilah untuk mengeksplorasi Suju: tempat mereka berlatih, memelajari Sasaeng, serta datang ke konser-konser Suju. Sebagai balas budinya, kita turut mempromosikan kegilaan dan kecintaan kita terhadap Suju di sosial media dan blog. Misalnya, kita "menjual diri" sebagai seorang yang sangat berpengaruh di lingkungan komunitas "Korea Holic" di area lokal Jawa Tengah. Maka, kita bisa menjadi icon jika kita dikirim ke sana. Terlebih, jika kita bisa membuktikan bahwa kita adalah orang yang memiliki keahlian komunikasi yang baik. Mungkin, itulah perubahan yang dapat dibuat setelah pulang dari exchange ke Korea itu. 

Bagaimana? Mudah kan? Yang penting, kita kenal diri kita, punya visi, bisa membuktikan. Cari benang merah antara masa depan, tujuan exchange, yang sedang dilakukan dan hal-hal yang telah diusahakan sejak dahulu kala. Makin tajam, makin kuat profilmu, makin besar peluang untuk dikirim untuk exchange!

Semoga berhasil!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar